Saturday 5 April 2014

Perkembangan Web Science

Apasih yang dimaksud dengan Web Science itu? Dari Kata Kata itu saja sudah membuat kita bingung bukan? Nah yuk mari kita bahas mengenai pengertian dari web science dengan menggunakan beberapa informasi dari internet dan pastinya menggunakan bahan saya sendir juga lahi ! XD *jadi malu*

Chapter 1 : Penjelasan

 Kita lihat terlebih dahulu dari 2 susun kata, Web Science terdiri atas kata “Web” dan kata “Science”, dimana dari kedua kata tersebut memiliki arti yang sangat berbeda. Berikut merupakan beberapa definisi dari kedua kata tersebut sehingga membentuk suatu istilah baru yang disebut dengan “Web Science”. Pertama mari kita bahas mengenai Web atau Website . Web atau Website merupakan suatu halaman informasi yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web dapat diakses di mana saja selama web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan jaringan internet. Web merupakan alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Web merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi dengan berbagai macam jenis. Diantaranya berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik web tersebut bersifat statis maupun bersifat dinamis yang akan membentuk suatu rangkaian yang saling terkait dimana masing-masing dari rangkaian tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman yang dapat disebut dengan hyperlink. Nah, selanjutnya kita akan membahas mengenai pengertian dari Science. Science atau sains sangat erat hubungannya denga Ilmu Pengetahuan, banyak yang mendefinisikan bahwa sains itu sama dengan Ilmu Pengetahuan. Namun menurut bahasa, sains adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Web Science merupakan ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

Gimana? Apakah masih bingung dengan penjelasan saya dan beberapa penjelasan lainnya yang sudah sedemikian lengkap? Sampe bingung saya mau menjelaskan apalagi :D.
Next >>>>>>>> Lanjut Ke Bawah yah





Chapter 2 : Metodologi Web Science

Web Science merupakan pengertian mengenai sains dari Web. Ketika Web telah bergerak memasuki bidang  ilmu pengetahuan sains, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti melakukan pendekatan pemahaman  mengenai Web dan relasinya dengan aspek sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.

Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sample sebagai kunci utamanya yang berasal dari Leung pada tahun 2001. Sebagai contoh laporan riset Fetterly pada tahun 2004 menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Jadi, dapat kita simpulkan bahwa dari aspek atau sisi mana sih kita memberikan pngertian dari metodologi web science sendiri. Karena seperti yang kita tahu banyak sekali aspek yang dapat mempengaruhi metodolgi dari Web Science tersebut.

Udahan yah nge bahas mengenai apasih web science itu J
Next >>>>>> Lanjut di Bawah oke J

Chapter 3 : Sejarah Dari Web Science
            Jujur aja saya sendiri sih paling males ngebahas mengenai Sejarah, Pengertian dan blablabla XD *Curhat*. Tapi untuk lebih mengenal mengenai Web Science dimana mana kita harus mengetahui terlebih dahulu Sejarah nya dong? Ayok deh Kita MULAI saja!
Sejarah Web sendiri bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN #SAYA SENDIRI GATAU APA ITU#), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).

Pada bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA telah membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.

Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.
Pasti Kalian akan sangat malas untuk membaca mengenai sejarahnya? Jawabannya pasti IYA! J. “Tapi tidak ada salah nya kita mengenal mengenai dari mana sih Web yang selama ini sudah lama kita gunakan kaula muda dalam keseharian kita dalam aspek kehidupan sehari hari kita”
Next >>>>>>> Lanjut Ke Bawah “Lagi” J

Chapter 4 : Pengertian Pre Web Dan Web
Nah Disini kita akan membahas mengenai Versi Versi Dasar Dari Web dan Perkembangan nya J
Sebelum Web terdapat Pre Web yang dapat kita baca dibawah ini, BACA YAH J

a.     Pre Web :

Pre-web adalah era dimana prototype(Bisa Kita Sebut Juga sebagai Sebuah Alat) seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi internet. Internet sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama kalinya ke publik sampai saat ini.


-       The Memex (Memory Index)
The memex (sebuahsingkatan dari "memori" dan "index") adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The Atlantic " As We May Think "(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, "mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas." The memex akan memberikan "suplemen intim yang diperbesar ke memori seseorang". Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem (akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan personal software.

-       HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang
disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

-       Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian jaringan internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan Internetworking.

-       Usenet
Singkatan dari user network, merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan  pada Duke University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.

-       FTP(File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

-       Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Gopher adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher. Pengertian Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Pojok Pedia Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
Gopher yang memiliki sistem berbasis menu paling dasar ini menyediakan konektifitas yang saling berhubungan antara file-file pada komputer-komputer Internet. File-file ini nampak seperti direktori berseri di seputar menu Gopher yang sebenarnya file-file tersebut berlokasi di komputer lain.
Gopher menyediakan akses ke dokumen teks, Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru kemudian dapat dilihat dengan program lain.
Gopher juga memungkinkan akses ke beberapa fasilitas lain yang ada diinternet seperti Telnet untuk melakukan hubungan komunikasi jarak jauh.
Manfaat dari Aplikasi ini adalah user tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.

Nah itu banyak penjelasan mengenai pre web yang pertama kali ada di dunia Web sendiri..
Yang pasti nya ini merupakan sesepuh dari dunia Web yang sekarang kita kenal.
Oke >>>>>> Lanjut Lagi…

b.     Perbedaan Web 1.0, 2.0, dan 3.0

 Web adalah massive, dimana jumlah sumber data dan informasi berbasis web mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam orde ratusan ribu hingga juta per tahun.
             Web bersifat terdistribusi, teknologi web memberikan tingkat autonomi yang lebih tinggi sehingga ketersebarannya juga semakin besar. Akibatnya setiap pemilik web dapat menyajikan data ataupun informasi dengan vocabulary yang berbeda walau yang dimaksud adalah sama.
Web juga bersifat dinamis, sebuah web bisa hadir pada jaringan Internet tidak terikat, lokasi geografis ataupun nama logika dari sebuah sumber informasi dapat berubah secara mudah dan sering, perubahan isi dari web juga tidak dapat diperkirakan.
Web bersifat open, sebuah web dapat dibuat dan dibaca oleh setiap orang secara prinsip. Sehingga isu keamanan dan kepercayaan (trust) menjadi permasalah tersendiri.

-    Web 1.0
         Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya,                                                                                                                                                                                                                                  Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan beragam web browser, serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only.
Contoh dari jenis web ini, biasanya masih bersifat HTML dan hanya berisi tentang tulisan pribadi.
-       Web 2.0
            Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan.
Contoh dari jenis web ini,seperti Wikipedia, Blog, Friendster. Yang sudah mulai mengenal dengan web interaktif social network.
-       Web 3.0
          Definisi untuk Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan. Sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents) .Teknologi Web 3.0 atau Web Semantik ini secara teknik dalam pencarian di mesin pencari akan mencari hasil yang dicari. Sebagai contoh, di dalam web 2.0 jika ingin mencari informasi di mesin pencari dengan keyword “Kapan Tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia” maka hasil yang dikeluarkan adalah web dengan informasi yang mengandung keyword “Kapan Tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia“, sedangkan di Web 3.0 ini nanti hasil yang ditampilkan adalah berupa hasil yang dicarinya yaitu “17 Agustus 1945“. Semantic web mempunyai kelebihan mampu untuk membuat aplikasi komputer yang dapat memahami bahasa manusia, bukan bahasa yang baku dari para penguna tetapi juga bahasa yang lebih kompleks. Jadi bahasa yang digunakan tidak lagi bersifat teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari , sehingga dapat mempermudah interaksi dan komunikasi dengan mesin atau komputer. Tidak seperti web 2.0 yang terasa sulit untuk melakukan hal-hal diatas, mungkin web 3.0 merupakan sebuah terobosan dalam dunia web untuk mempermudah semua aktivitas.

      Nah itu merupakan beberapa banyak penjelasan dari web kembali.
      Oke langsung aja deh kita lanjut lagi ke yang terahir J
      Kita akan membahas mengenai pengaruh dari web science terhadap lingkungan ekonomi dan social.

Chapter 5 : Pengaruh Web Science Terhadap Lingkugan Ekonomi dan Social

                  Seperti yang kita tau suatu perkembangan teknologi itu pasti akan mempunyai sisi negative dan sisi positive terhadap lingkngan ekonomi dan social. Saya akan membahas mengenai pengaruh pengaruh apa saja sih yang dilakukan Web Science terhadap Lingkugan Ekonomi.

a.      Pengaruh Web Science terhadap Lingkungan Ekonomi

·  Sisi Positive
- Dapat meningkatkan pendapatan ekonomi suatu Negara, karena untuk melakukan suatu transaksi tidak harus bertatapan muka, kita hanya tinggal mengakses internet dan bernegosiasi dengan pembeli/ penjual di berbagai penjuru dunia.
Jadi, intinya tidak ada batasan waktu, dan jarak untuk dapat melakukan transaksi, dan transaksi berjalan lebih cepat.

·         Sisi Negative
-     Sisi Negative dari Web Science di lingkungan ekonomi adalah meningkatnya penipuan untuk suatu transaksi yang pernah terjadi. Karena tidak adanya tatap muka dapat saja penipuan dilakukan.

b.      Pengaruh Web Science terhadap Lingkugan Sosial
     
·         Sisi Positive
-     Untuk sisi Positive nya kita pasti sudah tau dong, pastinya kita dapat menemukan teman tanpa ada batasan waktu dan jarak untuk berkomunikasi dengan seseorang. Bahkan dengan adanya social media yang ada sekarang kita dapat mengetahui teman teman lama kita yang sudah hilang kontak dengan kita.

·         Sisi Negative
-     Untuk Sisi Negative nya juga kita  sudah tau persis apa sih sisi negative nya. Yang pertama pastinya kita akan selalu sibuk dengan gadget kita bahkan ketika kita makan dengan keluarga kita. Atau bahkan semua keluarga kita sibuk dengan gadgetnya masing masing ketika pertemuan keluarga.

Sekian dari artikel yang saya buat J
Semoga Bermanfaat untuk kalian semua.
“Intinya sih Gunakan Informasi dan Teknologi yang ada dengan sebijaksana mungkin, pintar pintar kita pergunakan lah.”
Terima Kasih.. J

Sumber :
http://andrew-jonathan.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah.html
http://fadhlanahdianpratama.blogspot.com/2013/04/pengantar-web-science.html
http://andrer17.blogspot.com/2013/03/web-science-metodologi-web-science.html

No comments:

Post a Comment